Khasiat dan Penerapan Ayat Al Kursi


Seperti kita tahu ayat-ayat Al-Qur'an memiliki makna dan kaidah tersendiri serta memiliki manfaat yang lekat pada kehidupan kita sehari-hari seperti khasiat Lebah, Allah berfirman, “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. “ (QS An-Nahl: 68- 69)
Dari ayat tersebut saja kita bisa memahami bagaimana Allah menciptakan Lebah dan olehnya diberikan rahmat kepada manusia, agar kita bisa memikirkan dan memanfaatkannya sebaik mungkin begitu juga dengan ayat Al Kursi (QS. Al-Baqarah : 255) Tentu saja banyak khasiat-khasiat yang terkandung di dalamnya berikut dengan cara-caranya :
  • Dapat menghindarkan gangguan setan dan orang zalim 
Caranya : Bacalah ayat Al Kursi pada setiap permulaan siang dan setiap permulaan malam. lakukanlah cara ini selamanya sebagai wirid, atau amalan rutin. Insya Allah terjagalah kita dari gangguan setan dan maksud jahat orang zalim, karena selalu di dalam lindungan Allah.
  • Dapat mengabulkan keinginan
Caranya : Bacalah ayat Al Kursi ini 100 kali pada tengah malam setelah menjalankan sholat hajat. Kemudian berdoalah kepada Allah dengan mengutarakan hajat yang dimaksud. Insya Allah dengan mengamalkan cara seperti ini semua hajat akan dikabulkan Allah Swt.
  • Untuk menghilangkan dahak
Terlalu banyak dahak dapat menimbulkan bermacam-macam penyakit, terutama sakit kepala, seperti pusing pusing dan lain-lain. Untuk itu perlulah mengamalkan ayat Al Kursi guna menghilangkan dahak itu.
Caranya : Ambillah 7 gelintir garam putih. Lalu bacakanlah dari setiap gelintir garam itu 7 kali ayat Al Kursi. Jadi jumlah bacaanya menjadi 49 kali. Setelah itu dilakukan, maka kulumlah garam yang telah diberi bacaan ayat Al Kursi itu setiap hari 1 gelintir sehingga genap 7 hari. Insya Allah setelah selesai 7 hari semua dahak akan hilang dan sembuhlah kita dari gangguan sesak nafas, kepala pusing dan lain-lain yang disebabkan oleh banyak dahak.
  • Terbebas dari gangguan impian yang menyeramkan
Caranya : ketika hendak tidur bacalah ta'awudz 3 kali, yaitu : "A'uudzu billahi minas syaithaanir rajiim"
lalu teruskan dengan membaca ayat Al Kursi 3 kali. Apabila sampai pada bacaan : "Wa laa yauuduhuu khifdzuhumaa wa huwal 'aliyyul 'adziim" ulangi sampai 3 kali. Insya Allah dalam tidur terbebas dari gangguan impian yang menyeramkan atau menakutkan.
Arti "Ta'awudz" : "Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk."
  • Menyembuhkan orang gila
Caranya : Bacalah ayat Al Kursi 11 kali pada kepala orang yang gila sambil ditiup-tiupkan. Lakukanlah cara ini berulang-ulang. Insya Allah secara berangsur-angsur akan menjadi sembuh.
  • Untuk penyembuhan segala penyakit
Caranya : Tulislah ayat Al Kursi 3 kali di dalam tempat air seperti piring, cangkir, gelas atau apa saja yang bisa dipakai. Ingat, tempat air itu harus bersih dan suci. Kemudian tuangkan air ke dalamnya. Setelah itu minumkan air itu kepada orang sakit. Pada waktu minum bacalah niat : "Nawaitus syifaa a minallahi ta'aala li'illati ......." (sebutkanlah nama si sakit). Jika air itu untuk diminum sendiri, bacalah niat : "Nawaitus syifaa a minallaahi ta'aala li 'illati." Artinya : "Aku niat berobat kepada Allah Ta'ala untuk penyakitku."
  • Untuk keselamatan dalam perjalanan
Caranya : Sebelum keluar dari rumah, bacalah ayat Al Kursi. Insya Allah dalam perjalanan tidak akan menemui kesukaran atau bahaya apa pun sampai pulang kembali.
  • Untuk melebur dosa-dosa kecil
Caranya : Bacalah ayat Al Kursi setiap habis Sholat. Faedahnya : dapat melebur dosa-dosa kecil yang telah dilakukan, kecuali dosa yang ada hubungannya dengan anak Adam.(sesama manusia)
  • Untuk membungkam mulut orang yang ingin berlaku jahat
Caranya : Seandainya seseorang akan dipanggil menghadap kepada orang yang akan berlaku jahat, datangilah panggilan itu dengan tenang dan jangan takut! Ikutilah petunjuk ini : Sebelum menghadap bacalah , ayat Al Kursi. Setelah itu bacalah do'a dibawah ini : "Ya hayyu qayyuum, yaa badii'us samaawaati wal ardhi, yaa dzal jalaali wal ikraam. As aluka bi haqqi  haadzihil aayaatil kariimati wa maa fiiha minal asmaail 'adziimati an tuljima faahu 'annii wa tukhrisa lisaanahu hatta laa yanthiqu illaa bi khairin au yashmut. Khairuka yaa haadzaa baina yadaika wa syarruka tahta qadamaika." Sehabis membaca demikian lalu menghadaplah dengan tenang, percayalah kepada diri sendiri bahwa kebenaran itu pasti akan menang. Insya Allah, usaha ini akan membawa keberhasilan di dalam melepaskan diri dari hakim atau penguasa yang akan berbuat zalim.
  • Dan Banyak khasiat lainya yang mungkin dapat kita rasakan
Demikianlah kehebatan khasiat yang terkandung dalam ayat Al Kursi Mengapa demikian ? Karena di dalam ayat Al Kursi menurut Ibnu Majah, Hakim dan Thabrani terdapat "Al Ismul A'dzam" yaitu Bahwa ayat Al Kursi itu adalah penghulu ayat-ayat Al Qur'an. Dalam hal mengamalkan khasiat ayat-ayat Al Quran ini hendaknya disertai keyakinan, sabar, dan tawakal sepenuhnya kepada Allah. Janganlah Su'uzan dan berputus asa. Dan janganlah digunakan untuk kejahatan atau merugikan orang lain. Ingat!!! sesungguhnya apa yang kita amalkan ini adalah doa.

Semoga Bermanfaat ^_^ 

Post a Comment